SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN BIOLOGI 2017

SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN BIOLOGI 2017
“Peran Biologi dan Pembelajaran Biologi yang Inovatif Berbasis Potensi Lokal Lingkungan Lahan Basah Menuju Pembangunan Karakter yang Berdaya Saing Unggul”

Pendahuluan
Pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) mengakibatkan dampak yang besar pada segala sektor. Program Studi Pendidikan Biologi perlu merespon secara cepat dan tepat. Salah satu sektor utama untuk menyiapkan masyarakat di era MEA adalah sektor pendidikan dan penerapan keilmuan dalam berbagai permasalahan di bidang Pendidikan Biologi dan bidang Biologi. Pendidikan secara praktis tidak dapat dipisahkan pada potensi lokal dan nilai-nilai budaya pada suatu daerah. Integrasi pendidikan dan potensi lokal dapat menghasilkan bahan ajar yang inovatif dan menjawab tuntutan serta kebutuhan masyarakat dalam skala nasional maupun global. Di sisi lain, tenaga pendidik dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme melalui bahan ajar yang inovatif. Hal ini memerlukan peningkatan kompetensi hard skill dan soft skill melalui penyelesaian studi kasus secara mandiri maupun berkelompok. Bahan ajar yang inovatif harus dibuat secara terorganisir dan sistematis, sehingga tenaga pendidik mudah menggunakan, melaksanakan pembelajaran, membangun efektifitas komunikasi pembelajaran, dan meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Tenaga pendidik harus lebih kreatif dalam memanfaatkan potensi lokal sebagai sumber belajar, memiliki pengetahuan, menguasai materi pelajaran, dan menggunakan seluruh media pembelajaran di lingkungan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian tentang penggunaan bahan ajar dalam proses pembelajaran dan pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik telah banyak dilakukan dan perlu dipublikasikan.
Hasil penelitian yang dilakukan dosen, guru, peneliti, praktisi, mahasiswa, dan pemerhati pendidikan harus didesiminasikan secara luas kepada masyarakat melalui forum ilmiah. Forum ilmiah menjadi bagian dari upaya komprehensif dalam mencetak lulusan yang kompeten melalui hasil penelitian yang terpublikasi. Seminar Nasional dengan tema “Peran Biologi dan Pembelajaran Biologi yang Inovatif Berbasis Potensi Lokal Lingkungan Lahan Basah Menuju Pembangunan Karakter yang Berdaya Saing Unggul” merupakan wadah tambahan dalam menjawab tantangan di era MEA ini. Kegiatan Seminar Nasional pada Program Studi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) melibatkan pemakalah utama, pemakalah pendamping, dan peserta dari seluruh Indonesia.

Tujuan

  1. Membangun komunikasi akademik antar dosen, guru, peneliti, praktisi, mahasiswa, dan pemerhati pendidikan untuk memberikan pemikiran atau ulasan tentang temuan-temuan yang diperoleh dari penelitan di bidang biologi dan pembelajarannya.
  2. Mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang biologi dan pembelajarannya yang telah dilakukan dosen, guru, peneliti, praktisi, mahasiswa, dan pemerhati pendidikan.

Nara Sumber/ Pembicara Utama

1.        Prof. Dr. H. Muslimin Ibrahim, M.Pd.
Pakar Pengembangan Bahan Ajar-Guru Besar Pendidikan Biologi Universitas Negeri Surabaya
Tema:
Pengembangan Bahan Ajar yang Inovatif Menuju Pembangunan Karakter yang Berdaya Saing Unggul
2.        Prof. Dr. H. Bambang Subali, MS.
Pakar Penilaian Pendidikan-Guru Besar Pendidikan Biologi Universitas Negeri Yogyakarta
Tema:
Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran/Penilaian Pendidikan yang Inovatif Menuju Pembangunan Karakter yang Berdaya Saing Unggul
3.        Dr. Dharmono, M.Si.
Pakar Pendidikan Biologi berbasis potensi lokal-Pendidikan Biologi Universitas Lambung Mangkurat
Tema:
Potensi Lokal Lingkungan Lahan Basah sebagai Sumber Belajar Pendidikan Biologi Menuju Pembangunan Karakter yang Berdaya Saing Unggul

Tanggal Penting

No Tanggal Kegiatan
       1. 25 September 2017 Batas Pengumpulan Abstrak
       2. 01 Oktober 2017 Batas Pengumpulan Full Paper dan Power Point
       3. 07 Oktober 2017 Batas Akhir Pembayaran
       4. 11 Oktober 2017 Pengumuman peserta dan pembagian kelas
       5. 14 Oktober 2017 Seminar Nasional Pendidikan Biologi

Abstrak makalah Seminar Nasional dikirimkan pada pendidikan.biologi@unlam.ac.id 

Full Paper dan Power Point makalah Seminar Nasional dikirimkan pada pendidikan.biologi@unlam.ac.id 

Bidang Kajian/Sub Tema Seminar
1. Penelitian dan kajian ilmiah tentang Biologi dan Ilmu Sains: 
Botani, Zoologi, Anatomi, Fisiologi, Ekologi, Mikrobiologi, Biologi Sel, Bioteknologi, Genetika, Biodiversitas, dan Konservasi.
2. Penelitian dan kajian ilmiah bidang pendidikan Biologi dan implementasinya: Pembelajaran Biologi, Sumber/Bahan/Media pembelajaran, Asesmen dan evaluasi pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Eksperimen, Penelitian Deskriptif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Pengembangan, Manajemen sekolah/Manajemen laboratorium, Profesi guru, dan Teknologi Pembelajaran.
3. Inovasi Pembelajaran

Waktu dan Tempat Seminar Nasional
Barito Room Hotel Aria Barito Banjarmasin pada Sabtu, 14 Oktober 2017

Pemakalah dan Peserta
Terbuka untuk umum, diutamakan untuk para pendidik (Dosen dan Guru), Peneliti, Praktisi Pendidikan, Mahasiswa (Mahasiswa S1/S2/S3)

Kontribusi

  Kategori Pemakalah Non Pemakalah
a.        Umum/ Peneliti/Praktisi Pendidikan/ Pemerhati riset dan pendidikan Rp. 250.000.- Rp. 200.000.-
b. Dosen dan Guru Rp. 200.000.- Rp. 150.000.-
c. Mahasiswa S2/S3 Rp. 200.000.- Rp. 150.000.-
d. Mahasiswa S1 Rp. 150.000.- Rp. 100.000.-

Pendaftaran peserta pemakalah dan non pemakalah dapat dilakukan pada Formulir Pendaftaran

Pemesanan Prosiding

Pemesanan dan pembayaran Hardcopy Prosiding sebelum  Tanggal 05 Oktober 2017  

Hardcopy Rp. 150.000.-
CD Rp. 100.000.-
Hardcopy + CD Rp. 200.000.-

Pemesanan  dan pembayaran Hardcopy Prosiding sesudah  Tanggal 05 Oktober 2017  

Hardcopy Rp. 200.000.-
CD Rp. 100.000.-
Hardcopy + CD Rp. 250.000.-


Fasilitas
Seminar kit
Sertifikat Seminar Nasional
Coffee Break, Snack, Lunch


Ketentuan Tulisan
Abstrak (Template Abstrak Artikel)
Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, tidak boleh lebih dari 300 kata, dalam satu paragraf, dan tidak ada referensi. Abstrak harus ditulis dalam Times New Roman, berukuran 10 pt, dan spasi 1. Judul ditulis dalam dalam Times New Roman, dicetak tebal, Capitalize Each Word, dan ukuran 11 pt. Nama dan afiliasi ditulis dalam Times New Roman. Nama penulis dicetak tebal, berukuran 10 pt, dan afiliasi diketik dengan huruf yang sama berukuran 9 pt. Judul, nama penulis, dan instansi harus diketik di tengah. Kata kunci harus ditulis miring maksimal dalam lima kata.

Abstrak makalah Seminar Nasional dikirimkan pada pendidikan.biologi@unlam.ac.id 


Makalah Lengkap (Template Fullpaper Artikel)
Makalah lengkap ditulis dalam bahasa Indonesia, format MS Word, 5-8 halaman (termasuk tabel dan gambar), kertas A4, format margin 25 mm kiri, kanan, atas, dan bawah. Naskah ditulis dalam Times New Roman menggunakan 10 pt. Style penulisan yang tersedia adalah bold, italic, dan underlined. Disarankan untuk menuliskan teks dalam gambar dan tabel dengan ukuran huruf lebih kecil dari 10 pt. Semua teks dalam paragraf harus dalam dua kolom (kecuali judul, author, afiliasi, dan abstrak). Semua teks berspasi single, dengan jarak awal alinea menjorok pada jarak 7 mm. Satu baris kosong (10 pt) harus disediakan antara dua pergantian subbab yang berurutan.

Full Paper dan Power Point makalah Seminar Nasional dikirimkan pada pendidikan.biologi@unlam.ac.id 

Artikel akan dipublikasikan pada Prosiding Ber-ISBN dan artikel terpilih akan dipublikasikan pada Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (Jurnal Wahana-Bio) Ber-ISSN.

Informasi:

Informasi selengkapnya dapat diunduh di bawah ini

unduh disini Poster

Leaflet dapat diunduh di sini Leaflet muka

Leaflet dapat diunduh di sini Leaflet belakang

dapat diunduh di sini Alur Pendaftaran Pemakalah

dapat diunduh di sini Alur Pendaftaran Non Pemakalah

Biodata pemakalah/non pemakalah di sini Formulir Pendaftaran

Template Abstrak Artikel


Template Fullpaper Artikel

Abstrak makalah Seminar Nasional dikirimkan pada pendidikan.biologi@unlam.ac.id
Full Paper dan Power Point makalah Seminar Nasional dikirimkan pada pendidikan.biologi@unlam.ac.id 

Contact Person
Nurul Hidayati Utami, S.Pd., M.Pd. (085950030618),
Riya Irianti, S.Pd., M.Pd. (085328453494),
Maulana Khalid Riefani, S.Si., M.Sc. (081255118112),
Halimudair, S.Pd. (085754029379)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*