Apa itu PLP2B?

Penerimaan mahasiswa baru tahun 2021 telah bergulir. Dilihat dari kegiatan PKKMB 1 dan 2, antusiasme MABA 2021 begitu tinggi meskipun hanya bisa bertatapmuka via aplikasi online, yaitu Zoom Meeting. Peran serta kakak-kakak tingkat yang telah mengenyam pendidikan di Program Studi Pendidikan Biologi ULM juga diperlukan, agar MABA 2021 dapat memahami kampus berdasarkan sudut pandang seorang mahasiswa. Inilah yang kemudian menjadi latar belakang PLP2B.

Apa itu PLP2B?

PLP2B (Pengenalan Lingkungan Prodi Pendidikan Biologi) adalah salah satu kegiatan dari bidang Kaderisasi yang dilaksanankan dengan cara kombinasi yaitu secara online dan offline. Kegiatan ini merupakan kegiatan PLP2B HIMAPBIO yang ketiga atau yang terakhir dari seluruh  rangkaian kegiatan PLP2B. Kegiatan ini berisi tentang pengenalan Organisasi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi kepada Mahasiswa baru angkatan 2021.

PLP2B diselenggarakan oleh panitia pelaksana PLP2B yang membantu teknis pelaksanaan secara Offline di Ruang Laboratorium Pendidikan Biologi dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Akan tetapi, kegiatan ini secara online melalui zoom meeting dimana seluruh rangkaian acara diikuti oleh seluruh Mahasiswa Baru Pendidikan Biologi 2021.

Sebagai gambaran, kegiatan diawali dengan pembukaan acara oleh MC lalu dilanjutkan pembacaan doa. Sambutan  sekaligus ucapan selamat datang kepada Mahasiswa Baru Pendidikan Biologi pun disampaikan oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Biologi. Ketua Umum HIMAPBIO serta Ketua Pelaksana Kegiatan PLP2B juga memberikan sambutan mewakili mahasiswa lama. Kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama.

Tidak hanya itu, salah satu narasumber memberikan materi tentang pengenalan IKAHIMBI (Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia). Panitia kemudian menampilkan video dokumenter HIMAPBIO sembari memperkenalkan Organisasi Kepengurusan oleh Ketua Umum Himpunan dan Kepala Bidang tiap Divisi. Kegiatan dilanjutkan dengan menampilkan Video Yel-Yel Mahasiswa Baru Pendidikan Biologi. Pengumuman pemenang dan pemberian hadiah bagi pemenang lomba dilakukan sebelum acara penutupan.

Kegiatan PLP2B harus tetap berjalan mengingat pentingkan pengenalan lingkungan kampus kepada MABA agar dihasilkan kegiatan perkuliahan dari administrasi yang lancar dan prosedural. Kegiatan ini bisa terlaksana dikarenakan kerjasama dari pihak Program Studi Pendidikan Biologi, dan HIMAPBIO, serta antusiasme Mahasiswa Baru 2021 yang mengikuti tata tertib dari panitia pelaksana kegiatan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*