Kelas Tahsin: Belajar Membaca Al-Qur’an

WAJIB hukumnya bagi setiap muslim dan muslimah untuk memperhatikan bacaan Al-Qur’annya. Ini disebabkan karena tilawah yang baik akan mempengaruhi kualitas ibadah kita di sisi Allah SWT. Oleh sebab itu, HIMAPBIO ULM melaksanakan kegiatan Tahsin Al-Qur’an.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap satu kali dalam satu pekan, yaitu tiap hari sabtu pukul 11.00-12.30 WITA. Sejauh ini, program kelas tahsin sudah terlaksana dua kali pertemuan. Pertemuan pertama dilaksanakan pada tanggal 17 April 2021 dan pertemuan kedua dilaksanakan pada tanggal 24 April 2021. Kegiatan secara berkala terus dilaksanakan hingga saat ini.

Teknis kegiatan ini dilakukan secara online di Zoom clouds meeting sehingga pembelajaran kelas tahsin dilaksanakan secara virtual saja., setiap sekali sepekan, yaitu pada hari sabtu pukul 11.00-12.30 WITA, metode tahsin yang digunakan pada kelas tahsin kali ini adalah metode At-Tibyan.

Program Tahsin ini diisi dengan pelajaran memperbaiki bacaan Al-Qur’an, baik dalam hal pengucapan huruf maupun hukum tajwidnya. Tujuannya ialah agar pembacaan Al-Qur’an bisa tepat, benar serta mendekati sempurna. Peserta yang terlibat pada pelaksanaan kelas tahsin ini yaitu pengurus dari Himpunan Mahasiswa Biologi FKIP ULM, khususnya pada anggota bidang keagamaan yang juga selalu dipantau oleh Ketua HIMAPBIO sendiri. Pemateri pada kelas tahsin ini yaitu Ustadzah Ulfa Hidayah. Kelas Tahsin ini merupakan kelas tahsin yang dikhususkan untuk muslimah.

Panitia Kegaitan menuturkan: “Kelas Tahsin penting dilaksanakan. Walaupun ada atau tanpa dukungan dari orang lain, kami akan terus mengupayakan kegiatan ini terlaksana dengan baik. Selain itu semangat dari para pembelajar tahsin juga menjadi motivasi tersendiri dalam terlaksananya kegiatan ini”.

Kegiatan ini telah terlaksana sebanyak 2 kali pertemuan. Pertemuan pertama masih berisi pengenalan terhadap pelaksanaan yang akan dilakukan pada kelas tahsin ini, juga beberapa motivasi yang diberikan oleh pemateri. Pertemuan kedua, sudah memasuki materi sifatul huruf, selain sesi penyampaian materi juga ada sesi praktik dimana para pembelajar mempraktikkan langsung bacaan mereka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*