HIMAPBIO Mengabdi

HIMAPBIO MENGABDI HIMAPBIO FKIP ULM PERIODE 2020/2021

Himapbio Mengabdi merupakan kegiatan pengabdian masyarakat oleh HIMAPBIO FKIP ULM dengan terjun langsung ke lingkungan masyarakat. Bentuk acara dalam kegiatan ini mencakup 3 hal pokok, yaitu

1) Pembinaan kelompok nelayan masyarakat,

2) Pendampingan pengelolaan hasil laut masyarakat desa, dan

3) Pengembangan pemasaran olahan hasil laut.

Himapbio Mengabdi dilaksanakan pada  Sabtu-Selasa, 20-23 November 2021. Yang dilaksanakan di Desa Sungai Bakau, Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Himapbio Mengabdi dilatar belakangi oleh letak daerah dan mata pencaharian masyarakat Desa Sungai Bakau sebagai nelayan. Dimana diketahui bahwa masyarakat masih belum memiliki motivasi untuk berwirausaha dan keterampilan dalam mengolah hasil laut. Oleh karena itu, perlu diadakannya kegiatan ini untuk membantu desa dan masyarakatnya menuju penghasil olahan ikan yang produktif dan maju. Himapbio Mengabdi dapat berjalan dengan baik berkat kerjasama semua pihak. Adapun kegiatan yang dilakukan seperti workshop pembuatan abon, kerupuk, dan pentol ikan. Dimana masyarakat merespon positif terhadap kegiatan ini. Selain itu, produk hasil dari workshop tersebut juga habis terjual pada kegiatan pemasaran di pasar terdekat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*