PERINGATAN HARI BUMI

Program Studi Pendidikan Biologi dalam Memperingati Hari Bumi 2018

             Hari bumi merupakan suatu hari peringatan besar internasional yang sudah ada sejak 1990, Program Studi Pendidikan Biologi dalam setiap tahunnya selalu memperingati Hari Bumi ini sebagai bentuk perwujudan aksi dari civitas Pendidikan Biologi terhadap lingkungannya. Pada peringatan Hari Bumi tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat (HIMBIO FKIP ULM) dengan melibatkan seluruh mahasiswa dan dosen Program Studi Pendidikan Biologi FKIP ULM dengan mengambil tema “Satu Aksi Nyata, Selamatkan Bumi Kita”.

45201 45197 45194

            Pada peringatan Hari Bumi 2018 ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 21-22 April 2018. Pada tanggal 21 April HIMBIO FKIP ULM  mengadakan Forum Diskusi Biologi (FDB) dengan materi diskusi “Primata” yang disampaikan oleh Amalia Rezeki, M.Pd dan “Herpetofauna” yang disampaikan oleh Zainudin, S.Pd. Pada tanggal 22 April HIMBIO FKIP ULM mengadakan berbagai kegiatan diantaranya:

  • Jalan Santai
  • Reboisasi
  • Plangisasi
  • Operasi Semut
  • Games

 

45199 45200 45198 45191

Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa dan Dosen Pendidikan Biologi.

            Forum Diskusi Biologi atau sering disebut dengan FDB ini  merupakan program kerja dari HIMBIO, dengan adanya pelaksanaan peringatan Hari Bumi 2018 sangat menarik jika didalamnya ada kegiatan Forum Diskusi Biologi. Pada Forum Diskusi Biologi mengangkat tema diskusi “Primata” dan “Herpetofauna”. Pada tema diskusi Primata yang disampaikan oleh Amalia Rezeki, M.Pd yang juga merupakan dosen S1 Pendidikan Biologi membahas tentang “Primata Kalimantan Berjuang Melawan Kepunahan”, dimana pada diskusi ini pemateri menyampaikan upaya kita sebagai mahasiswa pendidikan biologi dapat melakukan dan berkontribusi melindungi primata Kalimantan khususnya untuk melawan dari kepunahan. Selanjutnya pada tema diskusi Herpetofauna yang disampaikan oleh Zainudin, S.Pd yang juga merupakan alumni dari Pendidikan Biologi FKIP ULM membahas tentang “Introducion of Herpetofauna” dimana pada diskusi ini pemateri menyampaikan mengenai keanekaragaman Herpetofauna yang ada di Borneo.

             Jalan santai merayakan hari bumi dilaksanakan pada hari Minggu, 22 April 2018. Jalan santai ini diikuti oleh Mahasiswa dan Dosen program studi Pendidikan Biologi acara ini berjalan meriah dengan rute start dari halaman  FKIP menuju bundaran jalan kayutangi setelah itu kembali lagi menuju halaman FKIP. Jalan santai ini juga disampaikan orasi yang berkaitan kondisi bumi pada saat ini.

            Plangisasi, reboisasi, dan operasi semut juga merupakan bagian dari kegiatan hari bumi 2018 ini. Mahasiswa bersama dosen melakukan plangisasi, reboisasi dan juga operasi semut, kegiatan ini dilakukan di lingkungan kampus FKIP jurusan PMIPA. Plangisasi ini bertujuan untuk memberikan plang nama tumbuhan yang ada disekitar jurusan PMIPA. Reboisasi ini dilakukan oleh mahasiswa dan dosen dengan membawa tumbuhan oleh masing-masing angkatan yang sudah ditentukan. Operasi semut ini membersihkan halaman sekitar jurusan PMIPA.

            Sambil istirahat seluruh mahasiswa dan dosen juga menikmati konsumsi yang telah disediakan oleh panitia, konsumsi yang tersedia yaitu merupakan makanan sederhana berupa hasil bumi seperti kacang, pisang dan jagung rebus, ada juga singkong dan tempe goreng. Setelah itu juga ada games sebagai kegiatan hiburan dan akhir Hari Bumi tahun 2018, games ini diikuti oleh Mahasiswa Pendidikan Biologi dari angkatan 2014, 2016 dan 2017 games-nya adalah sarung estafet yaitu dibentuk tim per angkatan satu tim terdiri dari lima orang saling berpegang tangan lalu sarung diestafet dari orang pertama hingga kembali lagi, tim yang tercepat mengestafet sarung maka itulah tim yang menang.

            Hari Bumi atau yang sering disebut Earth Day yang dilaksanakan oleh HIMBIO FKIP ULM ini merupakan kegiatan rutin tahunan. Pada pelaksanaan hari bumi tahun 2018 sedikit ada perbedaan dibandingkan tahun sebelumnya karena kegiatan hari bumi tahun ini diawali dengan Forum Diskusi Biologi. Ciri khas peringatan Hari Bumi 2018 yang dilaksanakan oleh HIMBIO FKIP ULM adalah jalan santai sekitaran ULM dan jalan Kayutangi, operasi semut, plangisasi dan reboisasi yang dilaksanakan di lingkungan PMIPA FKIP ULM.