VISI, MISI, DAN TUJUAN

VISI
Menjadi Program Studi Pendidikan Biologi yang unggul dan berdaya saing dalam menghasilkan lulusan dengan kompetensi pendidik yang berwawasan lingkungan lahan basah pada Tahun 2025.

Dari rumusan visi tersebut, beberapa kata kunci diperjelas sebagai berikut:

  1. Unggul, artinya seluruh lulusan Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lambung Mangkurat mampu menerapkan ilmu yang dimiliki dan melaksanakan proses pembelajaran jenjang Strata-1 terbaik di tingkat lokal, regional, hingga nasional, yang berkualitas. Dengan keunggulan ini Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lambung Mangkurat diarahkan menjadi lembaga pendidikan terdepan yang didukung oleh sarana dan prasarana memadai dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi
  2. Berdaya saing, artinya sumber daya yang dihasilkan memiliki kemampuan untuk terus berkembang secara mandiri dan menjadi agen yang mampu menghadapi zaman yang terus bergerak maju untuk membangun kualitas pembelajaran yang dibekali budaya dan karakter bangsa. Sumber Daya Manusia (SDM) yang dihasilkan Prodi Pendidikan Biologi mampu bekerja secara cerdas, tuntas, dan ikhlas, tanpa mengabaikan kultur disiplin.
  3. Lingkungan Lahan Basah, artinya lingkungan wilayah atau lahan yang sebagian atau seluruhnya kadang-kadang tergenangi oleh lapisan air yang dangkal. Lahan basah adalah wilayah payau, rawa, gambut, atau perairan, baik alami maupun buatan, permanen atau sementara (temporer), dengan air yang mengalir atau diam, tawar, payau atau asin, termasuk wilayah air laut yang kedalamannya di saat pasang rendah (surut) tidak melebihi 6 meter. Potensi lokal di Kalimantan ini menjadi faktor kekuatan dan peluang yang harus dioptimalkan seluruh civitas akademika Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lambung Mangkurat dalam memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia lingkungan lahan basah Kalimantan dalam kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.

MISI
Program Studi Pendidikan Biologi  memiliki misi:

1. Menyelenggarakan pembelajaran biologi yang berkualitas.
2. Meningkatkan penelitian dan pengembangan biologi berwawasan lingkungan lahan basah dan pembelajarannya.
3. Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang biologi, pembelajaran, dan terapannya.
4. Menjalin kerjasama dengan institusi terkait dalam rangka pengembangan Program Studi Pendidikan Biologi.

TUJUAN
Program Studi Pendidikan Biologi  memiliki tujuan :

 1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Biologi yang berkarakter dan mampu menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran biologi untuk peningkatan kompetensi personal, pedagogik, dan sosial berwawasan lingkungan lahan basah.
 2. Menghasilkan penelitian bidang biologi dan pembelajarannya serta pengembangan pembelajaran biologi berwawasan lingkungan lahan basah yang layak dipublikasikan.
 3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat bidang biologi dan pembelajarannya berwawasan lingkungan lahan basah yang implementasinya semakin meningkat.
 4. Menghasilkan kegiatan bersama institusi secara rutin dilibatkan dalam mendukung pengembangan dan peningkatan Program Studi Pendidikan Biologi.

visi misi