Kajian Islam dalam istilah lain disebut studi islam (Islamic studies) adalah sebuah disiplin ilmu yang membahas Islam, baik sebagai ajaran, kelembagaan, sejarah maupun kehidupan umatnya. Divisi kerohanian Himpuan Mahasiswa Pendidikan Biologi (HIMAPBIO) FKIP ULM sebagai divisi yang membidangi kegiatan rohani dan sosial menyelenggarakan sebuah program kerja yaitu Kajian islami yang mengangkat tema “Menuju Generasi Emas dengan Memperbanyak Pengetahuan dan Menjaga Diri dari Pergaulan Bebas”. Kegiatan ini adalah kegiatan kajian islam yang dilakukan dengan mengundang tokoh pemuka agama. Peserta yang mengikuti kegiatan ini yaitu mahasiswa dan masyarakat umum. Kegiatan Kajian Islami yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai ajaran agama Islam, khususnya mengenai cara menjaga diri dari pergaulan bebas agar dapat melaksanakan dan mengamalkannya dengan benar. Pelaksanaan kegiatan Kajian Islami ini dilangsungkan pada pukul 08.30-11.30 WITA yaitu pada hari Sabtu, 24 Juni 2023. Kegiatan Kajian Islami ini di selenggarakan secara daring melewati zoom meeting. 

Bentuk kegiatan kajian yaitu pemaparan materi oleh narasumber dalam panel diskusi secara daring menggunakan media berupa zoom meeting, dengan susunan acara terdiri dari pembukaan, pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, sambutan, penyampaian CV. pemateri, dilanjutkan penyampaian materi, kemudian sesi diskusi, foto bersama sekaligus pengumuman reward dan penutup. Acara inti berisi pemaparan materi oleh Ustadz Muhammad Ihsanul Arief, S.Th.I.,M.Ag. Pada sesi diskusi akan dipandu oleh moderator untuk mengumpulkan beberapa pertanyaan kepada narasumber secara bergantian mengenai materi yang telah disampaikan, yang nantinya akan dibagikan beberapa reward bagi penanya teraktif. 

Poin utama yang akan disampaikan pada Kajian Islami ini yaitu tentang bagaimana pergaulan yang baik dalam aturan dan norma yang telah diatur dalam Islam. Selain itu, peserta juga dapat ikut berpartisipasi dalam mengajukan pertanyaan kepada narasumber mengenai tema tersebut agar nantinya memiliki ilmu tentang pergaulan yang baik serta mampu untuk mengimplementasikan ilmu yang disampaikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan peserta untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam bergaul secara islami dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://cbs-sihapims.kemkes.go.id/vendor/s-thailand/ https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/files/sthai/ https://sikerma.untirta.ac.id/download/bayar4d/