Teknologi yang berkembang dengan cepat memunculkan perubahan besar dalam lanskap pekerjaan, memaksa individu untuk terus beradaptasi dan belajar. Tantangan-tantangan seperti ketidakpastian pekerjaan akibat otomatisasi, kebutuhan akan keterampilan digital yang terus berkembang, dan masalah privasi data menjadi fokus utama. Namun, era digital juga membawa peluang yang menarik. Fleksibilitas kerja yang ditingkatkan, kemampuan untuk berkolaborasi secara global, akses terhadap sumber daya pembelajaran online yang tak terbatas, dan konektivitas yang lebih besar adalah beberapa di antaranya. Ini memberikan kesempatan bagi individu untuk mengembangkan karir mereka dengan cara yang tidak mungkin sebelumnya, menghadirkan potensi inovasi, pertumbuhan, dan koneksi global yang mendalam. Oleh karena itu, di tengah tantangan yang ada, kunci kesuksesan dalam jenjang karir di era digital ini adalah fleksibilitas, adaptabilitas, dan semangat untuk terus belajar dan berkembang.

CV (Curriculum Vitae) adalah dokumen yang krusial bagi mahasiswa yang memasuki dunia kerja. Ini bukan hanya sekadar daftar kualifikasi, tetapi merupakan alat yang kuat untuk memperkenalkan diri kepada calon pemberi kerja. Sebagai gambaran singkat tentang identitas dan potensi seorang mahasiswa, CV memungkinkan mereka untuk menonjol di antara kandidat lain. Dalam konteks yang sangat kompetitif, memiliki CV yang kuat dapat membuat perbedaan signifikan dalam proses penerimaan. Selain CV, Pemateri juga memberikan banyak ilmu lainnya seperti Career Plan. Sebelum membuat CV tentunya kita harus menentukan apa yang ingin kita tampilkan di CV, dengan adanya Career Plan dapat memudahkan para mahasiswa menentukan isi CV.

Semua mahasiwa tentunya membutuhkan pembekalan yang mendalam tentang CV ini, bukan hanya mahasiswa biologi saja namun semua mahasiswa yang akan memasuki ke jenjang dunia pekerjaan. Oleh karena itu Forum ini dilaksanakan dengan tujuan agar semua mahasiswa yang membutuhkan informasi penting ini dapat bergabung dan berdiskusi bersama di Forum. Forum Diskusi Ilmiah Biologi (FDIB) merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk memberikan informasi dan ilmu kepada masyarakat khususnya mahasiswa mengenai Biologi ataupun mengenai permasalahan saat ini. FDIB tahun ini mengangkat tema “Challenges and Opportunities Career Pathways in the Digital Era” dan dapat terlaksana pada hari Sabtu, 27 April 2024 pada pukul 08.30-12.20 WITA secara daring maupun luring. Dipilihnya tema tersebut dalam FDIB kali ini adalah karena melihat bahwa di era digital, jenjang karir menghadapi tantangan dan peluang yang tak tertandingi sebelumnya. Memasuki dunia kerja yang semakin hari semakin sulit, menjadikan HIMAPBIO membuka suatu forum diskusi yang membicarakan tentang Career Plan, dan khususnya hal krusial saat ini yaitu tentang pembekalan CV.

Dalam rangka memberikan informasi terkait CV, FDIB dilaksanakan secara offline maupun online. Acara dimulai pada pukul 08.30 WITA di mana diawali dengan registrasi peserta, dilanjutkan pembukaan dari MC, lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars ULM yang dipandu oleh Eka Agustina. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Rena Rizki Ananda selaku Ketua Pelaksana Forum Diskusi Ilmiah Biologi. Ketua Umum HIMAPBIO FKIP ULM Periode 2023/2024 yaitu Muhammad Radhin Billah, dan Koordinator Program Studi Pendidikan Biologi FKIP ULM Prof. Dr. H. Aminuddin Prahatama Putra, M.Pd. selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Biologi FKIP ULM dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada era sekarang banyak tantangan dan kesempatan dalam karir khususnya bagi mahasiswa. Sebagai mahasiswa juga harus memanfaatkan peluang dan kesempatan yang ada untuk mengikuti perkembangan di era digital.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Mahmudi Hasan. Selanjutnya penyampaian materi oleh Arif Rahman selaku pemateri dengan diawali presentasi beliau tentang cara-cara pembuatan CV dan Career Plan yang diselingi dengan tanya jawab dan diskusi. Pada akhir acara ada pengumuman Doorprize dan penyerahan sertifikat Pemateri serta foto bersama. Dengan diadakannya acara kegiatan FDIB (Forum Diskusi Ilmiah Biologi) ini diharapkan mampu menyadarkan anak muda bahwa menyiapkan Career Plan dan CV merupakan suatu hal penting untuk masa mendatang. Dalam forum diskusi ini juga diharapkan dapat memberi solusi tentang bagaimana kita menetukan karir yang kita inginkan dan CV yang baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://cbs-sihapims.kemkes.go.id/vendor/s-thailand/ https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/files/sthai/ https://sikerma.untirta.ac.id/download/bayar4d/