PROFIL LABORATORIUM

A. LATAR BELAKANG

Laboratorium Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat didirikan atas Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0566/0/1983 tanggal 8 Desember 1983, bersamaan dengan Program Studi Pendidikan Biologi. Semula bernama Laboratorium Ilmu Hayat kemudian diperbarui melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendiidkan dan Kebudayaan Nomor 228/DIKTI/Kep/96 tanggal 11 Juli 1996. saat ini dalam Program Studi Pendidikan Biologi telah memiliki 2 buah laboratorium yaitu; laboratorium Biologi Umum, dan Laboratoory Biology Education.

B. VISI, MISI, DAN TUJUAN

VISI

Mewujudkan Laboratorium sebagai wanaha pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang biologi dan pembelajarannya.

MISI

  1. Menyelenggarakan praktikum biologi yang bermutu melalui pengembangan kompetensi pengetahuan dan pemahaman (knowledge and understanding), keterampilan praktis (practical skill) dan kemampuan managerial (managerial skill) sebagai bekal pelaksanaan tugas-tugas professional guru.
  2. Menyelenggarakan penelitian berbasis laboratorium dalam rangka inovasi pembelajaran biologi.
  3. Memberikan pelayanan pelatihan dan bimbingan kegiatan berbasis laboratorium.
  4. Memberikan layanan jasa analisis dan jasa konsultasi mengenai penelitian dan penggunaan alat-alat laboratorium di lingkungan PMIPA FKIP ULM.
  5. Mengembangkan kerjasama saling menguntungkan dengan institusi lain untuk meningkatkan kualitas dan kinerja kelembagaan

TUJUAN

Adapun tujuan dari Laboratorium Biologi adalah :

  1. Memberikan pelayanan kepada mahasiswa Biologi S1 dan S2 untuk melaksanakan praktikum Biologi pada semester ganjil dan genap.
  2. Melakukan inovasi pembelajaran Biologi melalui penelitian mahasiswa/dosen berbasis lab/berpraktikum.
  3. Melakukan pelatihan dan bimbingan pengelolaan lab bagi asisten/mahasiswa dan stakeholder.
  4. Melakukan kerjasama dengan instansi lain.
  5. Memberikan pelayanan kepada mahasiswa diluar Program Studi Pendidikan Biologi untuk melakukan praktikum.

SASARAN

  1. Mahasiswa Pendidikan Biologi Program S1 dan S2.
  2. Asisten praktikum dan stakeholder.
  3. Mahasiswa lain diluar Program Studi Pendidikan Biologi di lingkungan PMIPA
    FKIP Universitas Lambung Mangkurat

C. STRUKTUR ORGANISASI

berikut struktur organisasi Laboratorium Biologi FKIP ULM

https://cbs-sihapims.kemkes.go.id/vendor/s-thailand/ https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/files/sthai/ https://sikerma.untirta.ac.id/download/bayar4d/