Pada tanggal 18 Agustus 2022 Program Studi Pendidikan Biologi FKIP ULM mendakan Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Case Study dengan tema “Perumusan CPMK dan Sub-CPMK Berbasis Proyek dan Penyelesaian Masalah” Secara blended pemateri di zoom dan seluruh dosen Pendidikan Biologi di aula Efa hotel. Dr. Bowo Sugiharto, S.Pd., M.Pd. sebagai pemateri menuturkan perumusan CPMK dan SubCPMK berbasis proyek dan penyelesaian masalah
Team based dan project based learning berperan penting saat pembelajaran daring di masa pandemi dan post pandemi, OBE (Outcome Based Education) yang telah diterapkan hampir diseluruh perguruan tinggi terutama ULM sangat mempengaruhi kurikulum yang ada di program studi, salah satunya dalam penyusunan CPMK dan SubCPMK.
Ada beberapa tahapan dalam penyusunan kurikulum perguruan tinggi atau siklus kurikulum mulai dari analisis, perancangan, pengembangan, pelaksanaan, evaluasi dan terakhir menindak lanjuti perbaikan OBE merupakan kurikulum yang
- Apa yang dapat siswa lakukan
- Kurikulum pengajaran dan pembelajaran, penilaian, dan praktik pelaporan
- Dirancang agar siswa dapat mencapai kemampuan tersebut
- Siswa wajib menunjukkan CPL dari suatu pengalaman mengajar
CPMK bersifat spesisik terhadap mata kuliah sehingga tidak bisa disamakan dengan mata kuliah lain, perlu kajian baik tim maupun perseorangan dosen pengampu mata kuliah dalam merumuskan CPMK. Sub-CPMK atau kemampuan akhir yang dirancang dapat dimiliki siswa setelah menyelesaikan mata kuliah dapat diukur mulai dari saat pembelajaran. Selanjutnya beliau juga menjelaskan bagaimana kiat kiat dosen untuk lebih mudah memahami dan merumuskan CPMK dan Sub-CPMK.
Dalam project dan case method mahasiswa melakukan kegiatan yang telah dirancang dosen sehingga kelas menjadi aktif dan dosen hanya berperan sebagai fasilitator dan mengayomi apa yang siswa lakukan dan peroleh sehingga dapat mencapai CPMK dan Sub-CPMK
Terakhir beliau menyarankan agar dosen menyusun CPMK dan Sub-CPMK dengan teliti dan seksama karena keduanya merupakan salah satu aspek penting dalam akreditasi program studi baik nasional maupun internasional.